What To Love From Girls’ Generation? [PART 1] (BAHASA INDONESIA)

A_LHScOCQAAWa_v.png large

GIRLS’ GENERATION / 소녀시대 / SNSD / So Nyuh Shi Dae / SoShi / 少女時代


Berbagi sedikit yang saya ketahui tentang SNSD. Saya ajak anda mengenal mereka, mengidolakan, dan mencintai mereka.

KENAPA MEMILIH MENJADI SONE? KENAPA HARUS SNSD? APA YANG MEMBUAT SNSD DICINTAI BEGITU BANYAK ORANG? KENAPA SELALU SNSD? APA ISTIMEWANYA SNSD? APA ARTINYA MENJADI SONE?

Saya bukan akan mengubah kebencian anda untuk SNSD menjadi cinta dan obsesi. Saya hanya ingin berbagi pengetahuan saya tentang mereka yang mungkin dapat membantu hidup anda menjadi lebih berarti.

Saya mengajak anda melihat keindahan dari Fandom Sone. Mengenal SNSD lebih dalam dengan segala kekurangan dan kelebihan mereka. Melihat 9 gadis ini dari sisi terang dan sisi gelap mereka. Apa yang mereka hadapi. Menjelajahi THE WONDERS OF GIRLS’ GENERATION, keajaiban yang semoga bukan hanya milik mereka, tapi juga untuk anda.

SNSD mengubah hidup saya. Membawa kebahagiaan. Kelengkapan ditengah ketidaksempurnaan. Manusia biasa dengan segala kelemahannya tapi berusaha menjadi orang- orang yang lebih berarti.

Dewi, malaikat, dan manusia yang indah.

ARE YOU READY?

GIRLS’ GENERATION

A2

Mengenal, Mengidolakan, dan Mencintai Mereka

 

“Mereka bukan hanya idola, mereka panutanku”

SONE

 

Memulai tahun- tahun mengenal mereka mengubah hidup saya menjadi menakjubkan.

 

Beberapa orang mungkin berpikir, tidak ada yang istimewa menjadi seorang SONE (Fans dari Girls’ Generation). Tapi setidaknya bagi saya, menjadi bagian dari fandom ini mengajarkan saya banyak hal.

 

MARI KITA MULAI DENGAN BAGAIMANA 9 GADIS INI MENGUBAH HIDUP PARA SONE

 

Tentunya semua orang telah menjelajahi kehidupan mereka, mencari apa yang mereka inginkan
Seperti benih yang dikumpulkan oleh tangan- tangan kecil,

menjadi bunga- bunga yang indah

– SNSD Born To Be A Lady-

 

Memulai debut pada 5 Agustus 2007 di sebuah acara musik “SBS Inkigayo” dengan lagu mereka “INTO THE NEW WORLD” (memasuki dunia baru). Diperkenalkan ke publik sebagai kelompok gadis- gadis di bawah naungan perusahaan agensi di Korea Selatan bernama SM Entertainment. Mereka memulai karir mereka sebagai kelompok yang terdiri dari 9 anggota.

 

Mereka bilangnomor keberuntungan adalah  7’ tetapi nomor keberuntungan 9 sudah tertanam di benakku. Nomor keberuntunganku adalah 9.” – Stephanie Hwang (Midnight TV Entertainment, 11th Nov 2010)

 

Beranggotakan Kim Tae Yeon (Pemimpin), dengan 8 orang anggota yaitu: Jung Soo Yeon (Jessica), Lee Sun Kyu (Sunny), Hwang Mi Young (Stephanie/ Tiffany), Kwon Yu Ri, Kim Hyo Yeon, Choi Soo Young, Im Yoon A, dan anggota termuda mereka Seo Joo Hyun (Seo Hyun).

 

“Terima kasih banyak untuk staff yang mengambil sembilan gadis biasa dan mengubah mereka menjadi SNSD”

Kwon Yuri

 

Menjadi kelompok perempuan tidak semudah menjadi kelompok laki- laki. Berada di SM Entertainment dengan banyak kelompok laki- laki, mereka harus menerima banyak suara ketidak sukaan, terutama dari penggemar senior mereka.

Banyak kritik datang dengan alasan beragam, seperti etika mereka, cara mereka berpakaian, skandal dan gosip, lagu- lagu mereka, konsep, dan banyak lagi. Semua dapat diterima mereka dan mereka mencoba memperbaiki lebih dan lebih. Sampai sebuah mimpi buruk datang.

 

 

DREAM CONCERT 2008 FAMOUS BLACK OCEAN. Pertama kalinya di sejarah K-Pop, SNSD diabaikan bahkan ditolak oleh penonton. Lightstick mereka semua padam dan semua mulai meneriakan nama lain dari pada mereka yang diatas pentas, So Nyeo Shi Dae.

A3

 

Jangan mengejekku karena aku masih kecil
Aku tak bisa bicara apapun karena ku terlalu malu

Jangan mengejekku karena aku masih kecil
Itu hanya kata- kata yang akan terlewatkan

– SNSD So Nyuh Shi Dae-

A4

Sebuah pesta yang ramai dimana fans dapat mendukung idola mereka berubah menjadi kegelapan mengerikan bagi 9 gadis di panggung itu. Mimpi buruk yang tak akan ingin mereka alami sekalipun.

 

SILENT TREATMENT DREAM CONCERT 2008

SO NYEO SHI DAE

A57 Juni 2008

A6

Mereka berdiri di panggung dengan senyuman, menyelesaikan dua lagu yang harus mereka bawakan hari itu. Dengan senyuman dan mata mereka yang sedikit berair.

Kejadian besar yang tak pernah terlupakan. Bukan hanya bagi mereka, tapi juga SONE yang hari itu hadir menyaksikan. SONE di seluruh dunia yang mencintai mereka hingga kini.

A7

A8

Mereka tidak pernah berdiri sendiri. SONE mereka selalu ada dengan pastel rose yang menyala di tengah gulita

A9

Mnet bahkan membuat liputan khusus, menginvestigasi untuk menyelidiki kejadian buruk hari itu. Bagaimana banyak kabar buruk tentang SONE yang dituduh memperkosa, memukuli, dan merobek spanduk, dan FANACC yang buruk tentang fandom ini.

B1

TIDAK HANYA SEKALI, ADA PULA SMTOWN SHANGHAI (2008). Yup, mereka sekali lagi harus menghadapi amukan khalayak dengan ‘THE SPECIAL SILENT TREATMENT’ saat mereka menampilkan medley lagu (Let’s go So Nyeo Shi Dae!!)  di pentas. Penonton memberikan tanda silang menggunakan lightstick fandom. Sebuah hukuman yang katanya diberikan karena perlakuan member (Tiffany) yang dinilai tidak sopan. (Masalah bencana alam yang terjadi waktu itu)

Kesalahan- kesalahan karena Tiffany yang adalah pendatang belum begitu fasih berbahasa Korea. Dia tinggal di Korea dengan keterbatasan. Hidup sendiri jauh dari orang tua yang menetap di Amerika Serikat.

B2

B3 B4

Kemarin adalah sejarah,esok adalah misteri, sekarang adalah kado, maka itu kita menyebutnya hadiah (ENG: present: Hadiah/ sekarang) .”

 Lee Soonkyu (saat siaran radionya)

 

Keluar dari sejarah buruk di tahun 2008 mereka sekarang telah menjadi GIRL GROUP NASIONAL KOREA SELATAN. Masuk menjadi tokoh yang paling berpengaruh nomor satu untuk beberapa tahun berturut- turut. Mereka mulai dikenali dan dicintai sebagai gadis- gadis yang baik pada banyak orang, lucu, berbakat, sopan, ramah, ambisius, unik, bersemangat, dan pastinya cantik.

Mereka keluar dari keterpurukan mereka dengan semangat baru. Setelah 9 bulan tidak muncul mereka kembali dengan sebuah lagu baru. Sebuah hit yang mampu memecahkan rekor saat itu. Lagu “GEE” (2009) telah menghipnotis banyak orang dan membuat mereka membawa pulang 9 tropi dari program musik mingguan Music Bank. Mereka menang 9 kali berturut turut, sulit dipercaya.

 

Kami kembali setelah 9 bulan… dan untuk 9 minggu, ke 9 member mendapatkan 9 piala.”

SNSD (Entertainment Relay, 18 April 2009)

 

MEREKA MENCINTAI KITA, SONE!

 

Tiffany Stephanie Hwang:
Untuk Kesayangan kami Sowon yang menakjubkan ,
Kami selalu mengingatkan diri kami, terutama belakangan ini, bahwa seberapa letih dan lelahnya kami, bagaimana kami selalu berpikir tenteang kelelahan yang akan menyerang kami kapan saja, tapi kami tahu, setelah semua ini, itu selalu layak. Karena jika kita punya sowons, tersenyum, bernyanyi, bersorak, menari bersama kami, ini lebih berharga dari apapun yang kita inginkan ! Dukungan yang tak terhitung, cinta yang tidak terbatas ! Dan mereka bilang ” Kami ada karena SNSDtapi kami percaya, bahwa kita bersatu dan tercipta untuk ada sebagai SATUbahkan hingga akhir

dari kami semua;
Girls Generation

 

Kami setidaknya bisa pergi ke belakang panggung di mana di sana dingin dan kami bisa istirahat, tapi fans harus tinggal dan menonton dengan kepanasan. Itu bukan aku ibuitu fans yang kesusahan.”

Kim Taeyeon (di sampaikan oleh ibunya di salah satu konser SNSD)

Mereka yang mencintai Fans mereka dengan sepenuh hati.


SONE membuat kami populer. Jadi jangan benci mereka. SNSD mencintai kalian SONEs ” – Kim Taeyeon

B5

B6

Saya rasa SONE sangat spesial bahkan idola kami membuatkan video terima kasih dan maaf. Video yang di upload khusus oleh chanel official SMTOWN dari Choi Sooyoung.

B7

Kami akan memperlihatkan SNSD yang bekerja lebih keras di masa depan. Kami akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak cinta juga di masa depan. ”

SUNNY (Melon Music Award, 16 Des 2009)

B8

B9 C1

 “Sumber kekuatan kita adalah dengan melihat lambaian pink itu.” – Im YoonA

 

Aku pikir dari pada yang lain, hanya terima kasih untuk cinta seluruh fans. Ini bukanlah hari di mana kami harus di beri selamat tetapi hari dimana kami harus memberi fans kami selamat.”

Kwon Yuri (GDA, 9 Des 2010)

 

Mereka memiliki nama anti-fan yang keren SAFER (SNSD Anti Fans For Eternity [Anti Fans SNSD yang abadi]) dan STAND (Strong ‘Till All Nine Disappear [Teguh Sampai Kesembilan, semuanya menghilang]). Tapi mereka juga punya nama fans yang keren SONE (Dalam bahasa korea disebut juga ‘sowon’ yang artinya permintaan). Dengan anggota fanbase lebih dari 200.000 (Daum Official Korea) dan lebih dari 250.000 (Soshified International SNSD Forum)

C2

C3

5 tahun lalu, aku memulai soshified. Soshified sekarang telah berkembang menjadi komunitas dengan lebih dari 250.000 anggota, 12 juta pengunjung, mengumpulkan lebih dari $80,000 untuk donasi amal, telah diwawancarai beberapa siaran TV & koran seluruh dunia, membuat acara untuk ribuan orang (di Korea, New York, Paris, dan masih banyak), membantu perusahaan (seperti Intel, SM Entertainment), membuka banyak kesempatan, dan mempertemukan banyak teman dalam perjalanannya. Untuk semua yang berfikir mimpi tak perlu di kejar, mungkin mereka datang tidak terlalu cepat. Di sini untuk pemimpi, orang yang percaya, dan yang terpenting adalah pendukung! Ayo teruskan belajar dan berkembang. Terima kasih untuk semua yang mejadi bagian dari perjalanan ini, dari awal hingga kini, saya harap kita akan melanjutkan bersama untuk tahun- tahun ke depan dan mendukung lagi sisi-sisi dari Girls’ Generation.

Soyuri (Penemu Soshified)

 

“Kami bisa jadi tipe ideal untuk laki- laki dan perempuan.” – Kim Taeyeon

 

MEREKA SANGAT MENCINTAI SATU SAMA LAIN

 

Kau bertanya pada kami tentang kerja tim, sungguh tidak ada rahasia. Kami hidup seperti saudara.” – Choi Sooyoung

 

SOSHI BOND

 

Kami hanya bisa bersinar paling terang sebagai SNSD jika SNSD berdiri di pangung dengan bersembilan.” – Yuri

C4

C5

Persahabatan mereka yang indah mengingatkan saya dengan sahabat saya. Ikatan mereka sangan kuat.

C6

C7

Jigeumen So Nyeo Shi Dae, Apurodu So Nyeo Shi Dae,Yowonhi So Nyeo Shi Dae,
So Nyeo Shi Dae Saranghae

 

Sekarang Girls’Generation

Mulai saat ini Girls’Generation

Selamanya Girls’Generation

Girls’Generation KAMI CINTA KALIAN

 

Pernah tau kalau banyak dari kami mencintai bagian lain dari mereka, yang bukan hanya karena mereka yang tampil di atas pentas dengan tarian, suara, dan bakat lain. Ada bagian dari SNSD yang kami cintai. Kami mencintai mereka karena apa yang mungkin tidak dapat dilihat di panggung.

Mereka yang bersahabat. Saling mengetahui kekurangan masing- masing dan saling melengkapi. Mereka yang saling mengisi menjadikan kesempurnaan. Tersenyum lebar disaat bersama. Berputar berpelukan, bergandengan tangan saat berdoa bersama atau menerima penghargaan. Menerima hasil kerja keras dengan serentetan sambutan untuk berbagai pihak. Thanks to album yang penuh dengan harapan dan cita- cita. Membela teman mereka, menasehati, bahkan mengejek dengan jahil.

 

Buatku, SNSD bukanlah tempat yang hanya untuk mengumpulkan uang atau ketenaran. Itu adalah tempat di mana kita mendapat pelajaran kehidupan. Ini adalah tempat dimana awalnya kita menghadapi konflik satu per satu, sampai akhirnya menyatu. Kamu tidak akan bisa belajar ini di manapun. Aku belajar sebagian besar hal dari lingkungan kecil bernama SNSD.”

Sooyoung

 

Tindakan kecil seperti memberi minum, mengucapkan “FIGHTING”, menepuk pundak dengan bangga, menghapus air mata, mengelus kepala, bergandengan tangan, menari bersama, melakukan hal- hal konyol dan hal lain yang membuat persahabatan mereka itu terasa nyata.

C8

Hal tulus yang dilakukan didepan maupun di belakang panggung. Tradisi untuk mengelilingi member yang berulang tahun. Memberi kejutan yang membuat satu sama lain merasa dibutuhkan dalam kelompok. Mereka yang tak pernah mengeluhkan seberapa sering dirinya disorot. Hanya memberikan yang terbaik. Tersenyum dan melambai tanpa perpikir “Apakah mereka fans-ku atau fans sahabatku?”.

 

Saya berharap cara SNSD berakhir bisa lebih indah daripada orang lain dan bahwa kita akan menikmati apa yang kita miliki sekarang. Saya berharap kita semua akan melakukan hal-hal dengan pikiran positif. – Jessica

 

Mereka manusia yang mempunyai batas lelah. Kelemahan yang faktanya kita lihat hanya di balik layar. Taeyeon yang harus dipulangkan saat membawakan acara, Jessica yang kelelahan di musikal Legally Blonde, Sunny yang tertangkap kelelahan di tengah shooting Invicible Youth, Tiffany yang tetap tampil saat pincang, Hyoyeon yang menjadi penari terbaik trainee tapi terjebak di tengah tarian lolipop, Yuri menunjukkan sisi gembira dan konyol-nya yang harus menutup blog pribadinya karena antis, atau Yoona yang harus melewati ratusan casting dan menerima peran berat menjadi face of the group dengan setumpuk jadwal shooting.

 

Dalam keluarga, kita menghadapi kebahagiaan tapi juga kesedihan, atau hal baik juga hal buruk. Namun, ayo terus bersama selamanya hingga akhir.” – Tiffany

 

Sisi dewi dan manusia dalam saat yang hampir bersamaan membuat magnet itu menarik saya pada mereka.

C9

Itu tidak penting di mana aku berdiri; mau di depan atau di belakang, di tengah atau di pinggir. Selama aku bisa ada di panggung dan melakukan apa yang aku suka, itu cukup untukku.” Kim Hyoyeon

 

Sebanyak yang kamu inginkan, sebanyak yang kamu perjuangkan, sebanyak itulah yang kembali padamu.”

Tiffany

 

Mereka yang berdiri dengan perannya masing- masing dalam kelompok. Mereka yang mencintai pekerjaan mereka. Berada dibawah lampu sorot sebagai satu kesatuan. Melindungi dan memberikan kepercayaan satu dengan yang lainnya.

D1

Sunny menolong Taeyeon yang diculik saat menyanyi di panggung

 

Sembilan pribadi yang berbeda satu ama lain sekarang telah bersatu .”Choi SooYoung

D2

D3

 

Kalian tau pada akhirnya, kami semua bergandengan dan menunduk pada penonton? Sebenarnya itu karena sepatu hak kami, di bawah akan sangat bergetar, jadi kami bergandengan dan bergantung satu dama lain agar tidak jatuh. Aku harap kita (SoShi & SONEs) bisa bergantung satu sama lain dan melakukan hal dengan baik.

Choi Soo Young

 

Menyadari sisi kemanusiaan mereka dan berusaha menjadi individu- individu yang baik dan selalu berkembang bersama mereka membuat saya sadar. Sebagai manusia saya tidak bisa hidup sendiri. Kita diciptakan untuk saling melengkapi. Membuat kesalahan dan berusaha memperbaikinya.

Mereka yang berusaha memberikan yang terbaik bagi sekelilingnya. Bekerja keras bukan hanya menghasilkan uang, tapi juga kebahagiaan. Menjadi diri sendiri. Menjadi perduli akan orang lain. Belajar tanpa kata lelah untuk membuat diri sendiri menjadi jauh lebih berharga.

Lee Soo Man (penemu SM Entertainment) pernah mengatakan bahwa ia mendengar Tiffany mengatakan  

 

“Sudah sangat membahagiakan untuk mendapat pekerjaan yang orang cintai, Tapi aku lebih bahagia karena mendapat penghargaan untuk melakukan hal menyenangkan”.

 

 Taeyeon yang amat mencintai menyanyi, Hyoyeon yang mendedikasikan hari- harinya menari dengan segala kemampuan yang dia miliki. Mereka membuat saya sadar bahwa apa yang saya miliki harus saya kembangkan dengan kerja keras dan dukungan, ketulusan, dan ambisi. Bukan menjadi yang terbaik tetapi menjadi yang maksimal. Menjadi diri sendiri yang tidak malu mengatakan “Aku rupawan dan berbakat” dengan bangga.

Seperti Sunny yang mengatakan bahwa diantara orang- orang yang tidak menyukainya pasti ada yang lain yang menyukainya apa adanya. Dia hanya akan merubah dirinya menjadi lebih baik demi mereka yang menyayanginya. Dan seperti Jessica yang memilih jujur mengekspresikan dirinya daripada menjadi orang yang penuh kepura- puraan.

 

Dalam hidup kita diuji oleh perubahan besar, janji yang digantungkan, masalah yang tidak mungkin, doa yang tidak terkabul, critik yang tak layak, bahkan tragedi yang mustahil. Tapi Dia (Tuhan) menguji keimanan melalui masalah, Berharap kita bisa menaklukannkya, dan mencintai melalui manusia.

Snsd Tiffany, bagian  terima kasih di album ke- 2 ‘Oh!’

 

“Aku masih tidak percaya aku anggota SNSD. Ini seperti keajaiban.” – Hyoyeon

 

“Tuan Lee Soo Man selalu bilang kalau kami masih punya jalan yang panjang. Aku percaya ucapannya.” Yoona

D4

D5

MEREKA YANG TIDAK PERNAH BERHENTI BERSYUKUR

D6

Yoona dan anak angkatnya

 

ORA ET LABORA SHIDAE

Berdoa bersama bersama sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Mengirimi fans- fans mereka dengan ayat- ayat kitab suci. Tidak pernah berhenti bersyukur atas setiap hal yang mereka raih. Karena mereka sadar bahwa mereka mendapatkan semua bukan sendirian. Ada Tuhan dan orang- orang lain dibalik pencapaian itu.

D7

Jessica dan fansnya yang duduk di kursi roda – Leggally Blonde

 

Mereka yang bekerja keras dan tidak pernah berhenti bersyukur. Melakukan kebaikan dibalik layar dan dengan mengajak orang lain. Seperti menjual kopi, membagikan coklat atau kartu ucapan terima kasih, melelang baju dan barang- barang, menjadi ikon kampanye, mengadopsi anak terlantar, bahkan hal kecil seperti memberi sapaan pada orang- ornag di tempat kerja tidak perduli dengan apa status orang- orang itu.

Mereka membuat kita sadar, ada kalanya ketika kita di atas kita harus berhenti, memejamkan mata, melihat ke bawah, dan bersyukur. Membantu sesama dengan hal yang bahkan tak perlu di banding- bandingkan.

 D9

E1 E2

SNSD Bersama Park Seung Il

“Dia orang yang memberi aku iman. Ketika aku lelah aku bicara Tiffany unnie, dia mendengarkanku dan memberi aku saran. Dia bahkan berdoa untukku. Ketika aku mendengarkan kata-kata dari unnie, aku mulai merasa jauh lebih baik dan lebih bahagia “- F (x) Sulli

E3

          

Mengajarkan hoobae- hoobae (junior ) mereka menjadi individu yang penuh karisma dan tak layak diabaikan. Menjadi panutan bagi yang lebih muda dan bahkan lebih tua.

Mendapatkan banjiran kata iri bukan hanya karena apa yang terlihat di fisik mereka, tetapi aura yang memancar membuat daya magnet yang menjadikan mereka dicintai banyak orang di sekitar mereka.

Tidak perlu banyak kalimat omong kosong, hanya perbuatan yang berdampak. Tak penting besar atau kecil. Yang penting membuat orang lain bahagia.

 

 E4

“Selama pemotretan, anak yang digendong Tiffany tidak sengaja ngompol di badannya,” tutur Se Hyun. “Bukannya jengkel, Tiffany malah berkata ‘Kencing bayi seperti obat untuk kulit. Jadi itu bagus untuk kita’.”

“Hal itu membuatku menyadari bahwa Tiffany tidak hanya memiliki wajah cantik tapi hati yang cantik juga,” lanjut fotografer tersebut. “Itu membuatku melihatnya dalam pandangan yang baru.”

– Jo Se Hyun (Fotografer)

E5

Jessica yang sering berinteraksi dengan fans kecil SNSD

 

“Pada saat awal karir mereka, kami membuat mereka (SNSD) makan sambil duduk diatas meja sedangkan kami para staff hanya duduk di lantai. Dan salah satu member menangis melihat para staff makan sambil duduk di lantai. Mereka harus pergi rekaman setelah itu tapi dia menangis. Lalu aku bertanya padanya kenapa dia menangis dan dia bilang karena dia merasa bersalah melihat kami para staff makan sambil duduk di lantai, aku sangat tersentuh. Dan dia adalah Taeyeon.”

Suhjin – Penata rambut SNSD (Taeyeon’s Chin Chin Radio, 13 Januari 2009).

 

 

E6

BERSAMBUNG-

Advertisements

15 thoughts on “What To Love From Girls’ Generation? [PART 1] (BAHASA INDONESIA)

  1. Astaga !! perjuangan untk menggapai kesuksesan memang tdk mudah, dan SNSD dpat menaklukan tantang itu . .
    *salut sama SNSD & patut dijadikan panutan

  2. Pingback: SONE DAN SNSD “INDESTRUCTIBLE” | divaprameswaryreal

  3. Ini baru idola yang sesungguhnya 🙂
    Mereka membuktikan kalau harapan itu selalu ada untuk orang yang mau berusaha dan berdo’a

  4. daebak ~~
    eonniedeul soshi~ semangat terus ne…
    makin bangga jadi SONE’s……

    unnie ijin share boleh ?
    biar SONE yang lain makin cinta ama 9 eonniedeul kita SNSD♥♡♡

    ~S♡NE♥SNSD♥S♡NE~

  5. “Dia orang yang memberi aku iman. Ketika aku lelah aku bicara Tiffany unnie, dia mendengarkanku dan memberi aku saran. Dia bahkan berdoa untukku. Ketika aku mendengarkan kata-kata dari unnie, aku mulai merasa jauh lebih baik dan lebih bahagia “- F (x) Sulli

  6. aku baru nemu ini. dan sekali baca saya dapat meneteskan air mata. terimakasih atas tulisanmu, saya bangga mnjadi SONE

  7. Sialan!!#plak…
    Gue jadi makin cinta mereka,aaaaaaarrggghh!!..
    SNSD saranghae ❤
    Taeyeon Tiffany aku padamu#plak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s